Urus Izin Usaha Semakin Cepat di Kota Semarang

Pelaku usaha di Kota Semarang saat ini bisa bernafas dengan lega dan tersenyum lebar.semua utu dikarenakan saat ini mereka bisa mendapatkan legalitas usahanya secara cepat tanpa menunggu-nunggu lama dan yang terpenting adalah mudah, dan terbebas dari pungli. Hal itu secara tegas  disampaikan Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan presentasi penilaian program Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di kantor Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Kamis.

Dijelaskan bahwa pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan legalitas usahanya cukup mengurusnya melalui sebuah aplikasi ponsel pintar yang sudah disiapkan dan dapat diunduh di ivebsite DiskopUMKM.Se-marangKola.Go.ld. Diharapkan dengan menggunakan sistem tersebut dalam melakukan pengurusan surat izin usaha dengan cepat, ketika data sudah masuk makan pelaku usaha dapat mengambil surat legalitas usahanya di kecamatan setempat.

Ditambahkan, setiap tahun rata-rata hanya ada 772 pelaku usaha mikro yang mendapatkan izin usaha. Dengan adanya percepatan dan program Ijus Melon, saat ini dalam satu tahun ada 8.304 pelaku usaha mikro yang telah mendapatkan legalitas usahanya.

Urus Izin Usaha Semakin  Cepat di Kota Semarang

 

Tak sampai di situ, pelaku usaha mikro yang sudah mendapatkan izin usaha akan langsung terdaftar dalam database Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Pelaku usaha mikro yang terdata tersebut selanjutnya akan diberi berbagai fasilitas dukungan usaha oleh Pemerintah Kota Semarang. Beberapa fasilitas yang dapat diberikan di antaranya pinjaman tanpa agunan, pelatihan usaha, hingga kesempatan mengikuti pameran di berbagai tempat. Yang terbaru, Pemkot juga memiliki Kredit Wibawa yang memiliki bunga hanya 3 persen per tahunnya dan merupakan angka bunga pinjaman terendah di Indonesia. Benar saja dalam data statistik milik Pemerintah Kota Semarang, perkembangan volume usaha pelaku UMKM di Kota Semarang cenderung stagnan dan baru di tahun 2016 setelah berjalan Ijus Melon, ada sebuah lompatan volume usaha yang signifikan.

Hal ini sangat disambut dengan baik oleh pengusaha yang ada di Semarang tak terkecuali pengusaha sukses Chandra Ekajaya yang merasa sistem ini semakin membuat kemudahan kepada para pelaku usaha. Menurut pria tampan ini sistem ini harus bisa berjalan dengan semestinya nantinya, namun juga harus ada penyuluhan agar pengusaha juga mengetahui sistem baru ini.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s