Kisah Yukka Harlanda Pengusaha Brodo Brand Local Rasa Internasional

Brodo siapa yang tidak kenal dengan merek dan brand sepatu Brodo. Yukka Harlanda pria kelahiran Jakarta ini saat ini sukses mengibarkan brand Brodo menjadi salah satu brand lokal namun dengan kualitas internasional yang sudah melekat dalam brand brood.

Berawal dari susah mencari sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kakinya dengan ukuran 46 inilah awal mula ide membuka bisnis sepatu dimulai. Setelah mencari kesana kemari, Yukka Harlanda menemukan sepatu dengan ukuran tersebut namun dengan harga yang sangat mahal. Kemudian munculah ide untuk membuat sendiri sepatu dengan desain yang beragam dan pastinya murah.

Berawal dari modal 1 juta rupiah, Yukka Harlanda kemudian memberanikan diri untuk membuat 3 pasang sepatu dan kemudian ditawarkan kepada teman-teman kampusnya. Yukka saat itu merupakan salah satu mahasiswa di ITB jurusan teknik. Ternyata respon dari teman-temanya sangat antusias dan habis. Kemudian teman temanya meminta untuk Yukka memproduksi kembali sepatu. Kemudian Yukka bersama temanya bernama Putra Dwi Kurnia yang merupakan teman dari pengusaha Chandra Ekajaya kembali memproduksi sepatu sebanyak 30 pasang dengan modal saat itu sekitar 6 juta rupiah.

Kisah Yukka Harlanda Pengusaha Brodo

Bermula dari situlah bisnis sepatu nya berkembang dengan pesat dan kemudian memberikan nama brand Brodo untuk namnya. Yang tak kalah unik pemberian nama Brodo terinspirasi dari saat membaca komik berbahasa Italia dan menemukan kata Brodo yang dalam bahasa Italia memiliki makna kaldu.

Bukan tanpa kendala, Yukka dan temanya juga mengalami kendala saat memulai bisnis. Salah satu hambatan terbesar adalah mencari vendor yang sesuai. Namun akhirnya menemukan vendor yang cocok dan sesuai. Untuk masalah desain, Yukka mencontoh desain produk buatan luar dan kemudian dimodifikasi agar meminimalisir budget dan bisa dijual dengan harga terjangkau namun tetap memiliki desain dan kualitas bagus.

Saat ini Brodo besutan dari Yukka Harlanda dan Putra Dwi Kurnia sudah memiliki 3 cabang store atau gerai yang berada di Jakarta dan Bandung. Dengan memanfaatkan kemajuan tekonologi, Brodo juga memanfaatkan untuk melakukan promosi dan penjualan. Media sosial dipakai sebagai media promosi seperti menggunakan instagram, twitter dan facebook, serta membuat webstore untuk menjual produk.

Brodo merupakan salah satu brand fashion yang dijadikan trend setter fashion sepatu anak muda Indonesia. Banyak kompetitor yang mulai menyodok keperkasaan bisnis fashion Brodo salah satunya adalah bisnis fashion Chandra Ekajaya.

Yukka Harlanda adalah salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia, masih banyak cerita inspiratif bisnis lainya dari berbagai pengusaha sukses di Indonesia lainya seperti Chandra Ekajaya , Bob Sadino, Hary Tanoesoedibjo, Chairul Tanjung, Gibran Rakabuming Raka,Nadim Makarim dan masih banyak pengusaha sukses lainya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s