Pengusaha Sukses Ayam Bakar Wong Solo Raup Untung Berlipat

Namanya adalah Puspo Wardoyo semenjak kecil dirinya memang sudah tidak asing dengan yang namanya ayam. Dirinya bahkan sudah sangat terbiasa membantu kedua orang tuanya yang merupakan pedagang ayam. Mulai beranjak dewasa Puspo Wardoyo kemudian mendedikasikan dirinya bekerja sebagai pegawai negeri sipil di kota Solo, kemudian setelah pension dirinya merintis usaha bisnis kuliner warung lesehan ayam bakar di Solo.

Pengusaha Sukses Ayam Bakar Wong Solo Raup Untung Berlipat

Perjalanan kisah bisnis Puspo Wardoyo bisa dibilang sangat berliku seperti kisah bisnis pengusaha Chandra Ekajaya. Ketika awal membuka bisnis Ayam Bakar Wong Solo, di tahun pertama dimana Beliau hanya bisa menjual 1-2 ekor ayam per harinya. Sebuah keadaan yang di luar prasangka dirinya. Sampai suatu hari warung ayam bakar wong solo miliknya diliput oleh temanya di publikasikan kepada masyrakat dan mulai dari situlah bisnis ayam bakarnya mulai dikenal orang dan ramai pembeli.

Salah satu  kunci kesuksesan dari Ayam Bakar Wong Solo antara lain tempay makanya menggunakan desain outletnya yang cukup unik dan berbeda dari kebanyakan warung ayam bakar pada umumnya. Puspo bahkan berani mengeluarkan kocek yang lumayan besar untuk membayar arsitek demi mewujudkan imajinasinya terhadap bentuk bangunan rumah makannya yang unik. Beliau juga berusaha menyambut pelanggannya dengan menyebut namanya. Semboyannya adalah menjadikan pelanggan sebagai saudara dan pastinya pelanggan sebagai raja.

Pengusaha Sukses Ayam Bakar Wong Solo Raup Untung Berlipat

Bisnis ayam bakar wong solo miliknya juga menggunakan sistem franchise sama persis seperti yang dilakukan oleh Chandra Ekajaya dalam mengembangkan bisnis Q Pizza. Puspo beranggapan bahwa cara ini dianggap cara terbaik untuk semakin melebarkan sayap bisnisnya agar semakin dikenal orang. Namun terkadang ada anggapan bahwa jika berbeda tempat walaupun masih dalam satu brand akan berbeda rasanya, ternyata anggapan itu ditampik oleh pengusaha nyentrik ini. DIrinya menyebutkan dan  menjamin bahwa rasa dan mutu ayam bakar wong solo di kota-kota lain pasti akan sama karena Beliau sudah mengatur komposisi bumbu dan melakukan training pegawai di setiap cabangnya dalam mengolah ayam.

Kisah suksesnya ini patut menjadi contoh kepada para pengusaha lainya yang baru akan memulai bisnis bahwa kesuksesan akan diraih denga kerja keras dan berani mengambil resiko, dan yang terpenting pintar memanfaatkan peluang yang muncul walaupun sekecil apapun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s