Chandra Ekajaya Ambil Alih Freeport

Pengusaha Chandra Ekajaya selama ini mengikuti perkembangan bisnis di bumi cendrawasih, terutama pada sektor energi dan sumber daya mineral. Terakhir kali ia mendapatkan informasi bahwa rencana pengambilalihan freeport akan meniru konsep pengambilalihan Inalum. Menurut keterangan dari Ketua Komisi VII DPR-RI, yakni Gus Irawan Pasaribu, beliau menyebutkan bahwa pemerintah dalam menyusun rencana pengambilalihan perusahaan dari Amerika tersebut bisa mencontoh teknis dalam penanganan Inalum. Komisi yang membidangi energi dan lingkungan hidup ini menjelaskan bahwa pada saat itu perusahaan Inalum telah selesai kontraknya di tahun 2013. Saran ini muncul karena menurut komisi tersebut pemerintah terlalu takut dan alot dalam mengambil saham Freeport yang nilainya sebesar 51 persen.

Sebagai pengusaha, Chandra Ekajaya mempunyai pendapat bahwa yang harus diperhitungkan adalah tentang harga jual saham. Sehingga nantinya perusahaan asing tersebut tidak mematok harga saham yang sangat tinggi, jadi pemerintah tidak akan merasa terbebani. Setidaknya ini bisa menjadi solusi bagi pemerintah.

Dok.Chandra Ekajaya

Pengusaha Chandra Ekajaya sangat ingin pemerintah Indonesia mencontoh pengusaha sekaliber Bob Sadino ataupun Hary Tanoesoedibjo. Beliau-beliau ini pernah menjelaskan tentang konsep arbitrase internasional, tetapi mereka juga menekankan untuk lebih mengedepankan negosiasi. Maka dari itu pengusaha ini pun sepakat jika pemerintah nantinya melakukan negosiasi dengan Freeport untuk memutuskan yang terbaik. Tetapi bila memang dari pihak Freeport tetap susah diajak berkoordinasi dan malah bersikeras serta mempersulit pemerintah, maka pemerintah harus tegas dalam memberikan respon.

Pemerintah juga harus dapat memberikan solusi terbaiknya. Berkaca dari kasus Inalum, skenario pengambilalihan saham dilakukan menggunakan skema transfer saham. Chandra Ekajaya mengamini metode ini, karena baginya metode seperti ini lebih sederhana bila dibandingkan dengan pengambilalihan aset.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s