Yohanes Chandra Terbangkan Keripik dan Sambal Ke Pasar Mancanegara

Yohanes Chandra seorang pengusaha dan pebisnis sukses Indonesia menjadikan produk ekspor keripik dan sambal sebagai komoditi dagang mancanegara yang memiliki potensi pasar sangat luar biasa. Setiap bulanya Yohanes Chandra mampu mengekspor hingga 3-5 kontainer sambal dan keripik ke berbagai Negara di Asia hingga kawasan Timur Tengah.

Keberhasilan yang diraih oleh seorang Yohanes Chandra tentu tidak diraih secara instant dan tiba-tiba. Laki-laki asal jawa timur ini bekerja keras untuk mendapatkan kesuksesan tersebut.

Jalannya terbilang tak mudah. Dia sempat melakukan uji coba membuat kripik  selama empat bulan hingga menelan biaya hampir Rp 50 juta lebih. Setelah didapat racikan dan formula cara menggoreng dan mengemas yang tepat, keripik buatan Yohanes Chandra mulai dipasarkan dan sukses menyedot perhatian konsumen. Sebagian besar dijual melalui pasar tradisional, hingga sekarang Chandra. mengklaim, hampir 90% keripik pisang di toko cenderamata Bali adalah produksi pabriknya di Sidoarjo. “Oleh toko di Bali keripik pisang saya dikemas ulang menjadi oleh-oleh khas Bali,” tuturnya seraya menyebutkan, produksinya mencapai 4-5 ton per hari.

 

Berbagai macam keripik produksinya antara lain keripik tanduk, Chandra juga memproduksi keripik pisang kepok, keripik ubi ungu, keripik ubi kuning, keripik singkong serta kerupuk.

 

Yohanes Chandra, yang memang hobi mencicipi masakan dna berkuliner, berupaya memperluas bisnisnya. Chandra mulai meracik aneka sambal seperti sambal belimbing wuluh, sambal bajak, sambal kemangi, sambal belut, sambal petis dan sambal peda. Total 32 jenis sambal khas Nusantara yang diraciknya. Harganya dibanderol Rp 27.500-30.000 per botol dengan produksi hampir 3 ribu botol per hari. Ia kembali sukses mengekspor sambalnya ke Kor-Sel, Hong Kong, Arab Saudi dan Bahrain. Sama seperti keripik pisangnya, sekitar 80% produksi sambalnya dikirim ke luar negeri.

 

Buah dari ketekunan Yohanes Chandra terlihat dari keberhasilannya meraih kontrak ekspor sambal dan keripik hingga 5 kontainer ke beberapa wilayah asia seperti Hong Kong. Inilah buah kerja keras selama ini yang diraih oleh seorang Yohanes Chandra, yang sekarang masuk deretan pengusaha dan pebisnis muda sukses di Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s