Yohanes Chandra Ekajaya Pilih Wirausaha

Imaji atau label sebagai abdi negara masih menjadi primadona di Indonesia. Hampir setiap orang di Indonesia pasti menginginkan atau mengincar posisi sebagai pegawai negeri sipil. Tetapi tidak bagi Yohanes Chandra Ekajaya. Ia justru melepas kesempatannya mengikuti tes calon pegawai negeri sipirl, dan memilih untuk membuka usaha mandiri, alias berdikari.

yohanes-chandra-ekajaya-pilih-wirausaha

Yohanes Chandra Ekajaya sudah muak dan bosan dengan segala macam imaji tersebut. Ia sudah bertekad untuk membuka sebuah usaha dimana ia adalah bosnya. Ia ingin menjadi bos bagi dirinya sendiri. Sehingga dalam waktu lima tahun terakhir ini ia fokus pada bisnis pernak-pernik yang terbuat dari bahan kain flanel.

yohanes-chandra-ekajaya-sukses

Sudah banyak produk yang dibuat oleh Yohanes Chandra Ekajaya. Diantaranya hiasan dinding, bonek, gantungan kunci, dan sebaganya. Di rumahnya pun ia membuka toko mini dengan tujuan untuk memajang dan memamerkan hasil karyanya. Dinding rumahnya banyak digantungi hiasan dinding buatannya. Sebagian besar produk yang berukuran kecil diletakkan di etalase kaca. Lalu ada produk yang diletakkan di rak display. Ciri khas dari produk buatannya adalah bentuk bibir. Semua pernak-pernik dan aksesoris buatanya berbentuk bibir.

yohanes-chandra-ekajaya-wirausaha

Sebelum mendaftar tes calon pegawai negeri sipil, Yohanes Chandra Ekajaya sebenarnya sudah membuat pernak-pernik dan aksesoris. Saat itu ia hanya iseng membuat aksesoris dan pernak-pernik. Produk pertamanya adalah gantungan lampu. Karena saat itu internet sudah menyerbu anak muda Indonesia, maka ia pun mengunggahnya di media sosial miliknya.

Tidak disangka, setelah Yohanes Chandra Ekajaya mengunggah produk-produknya banyak teman-temannya yang tertarik dan memesan. Akhirnya dua bulan sebelum mendaftar tes cpns, calon wirausahaan ini sudah mengerjakan banyak pesanan. Kemudian saat mendaftar tes cpns, karena bosan dan lelah menunggu, ia pun memutuskan untuk meninggalkan kesempatan tersebut dan berwirausaha.

Pilihan yang diambil Yohanes Chandra Ekajaya ternyata tepat. Kini ia dapat meraup keuntungan sebesar 30 juta per bulan. Seiring waktu berjalan, banyak masyarakat yang memesan produk buatannya, bahkan tidak sedikit institusi yang ikut memesan. Kini pengusaha asal Wonosobo itu benar-benar menjadi bos atas dirinya sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s