Gunung-Gunung Misterius di Jawa Oleh Yohanes Chandra Ekajaya

Selain mendapat julukan pulau mistis, pulau Jawa juga mendapat julukan sebagai pulau gunung-gunung berapi. Sebab banyak gunung berapi yang masih aktif di pulau Jawa. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati oleh cincin api dunia atau ring of fire. Oleh sebab itu banyak gunung di Indonesia.

Menjadi suatu hal yang menarik ketika menghubungkan atau mengaitkan keberadaan gunung-gunung di Pulau Jawa dengan mistik, supranatural, dan misteri. Yohanes Chandra Ekajaya menyajikan beberapa gunung yang menyimpan potensi mistik. Inilah sajiannya:

  1. Gunung Merapi Yogyakarta

Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang sangat aktif di Jawa. Tingkat keaktivannya sangat tinggi. Dalam satu dekade ini gunung Merapi sudah meletus 2-3 kali. Selain sebagai gunung berapi teraktif di Jawa, Yohanes Chandra Ekajaya menuturkan bahwa gunung Merapi juga menyimpan banyak mitos dan kisah serta legenda.

Yohanes Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa gunung Merapi merupakan sebuah kerajaan makhluk halus. Di sana terdapat seorang Adipati Perempuan yang biasa disebut dengan Nyai Gadung Melati. Gunung Merapi tidak dapat dipisahkan dengan Laut Selatan, sebab Nyai Gadung Melati adalah salah satu pemimpin yang berada di bawah komando Ratu Kidul.

yohanes-chandra-ekajaya-merapi

  1. Gunung Salak Jawa Barat

Tentu masih terngiang di pikiran dan benak kita tentang jatuhnya pesawat jenis Sukhoi yang menabrak gunung Salak pada tahun 2012. Yohanes Chandra Ekajaya menceritakan bahwa masyarakat sekitar sudah lama mempercayai dan meyakini kesakralan gunung Salak.

Yohanes Chandra Ekajaya menambahkan,” konon katanya di gunung Salak ini Prabu Siliwangi melakukan moksha. Sehingga gunung Salak menjadi petilasan dari Prabu Siliwangi. Oleh sebab itu gunung Salak ini disakralkan oleh penduduk sekitar.”

yohanes-chandra-ekajaya-salak

  1. Gunung Lawu Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur

yohanes-chandra-ekajaya-lawu

Gunung Lawu sudah sangat terkenal sebagai gunung yang mistik. Banyak yang mengatakan bahwa gunung Lawu adalah kaki kahyangan. “Gunung Lawu memang kaki kahyangannya Bathara Indra, sehingga banyak orang yang berkunjung dan bertapa di sana,” pungkas Yohanes Chandra Ekajaya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s