Pengusaha Katering Sukses yang Merambah Café Chandra Ekajaya

dok.Pengusaha Chandraekajaya

Menjadi seorang pengusaha di segala bidang semakin menaikkan nama besar pengusaha Chandra ekajaya. Bagaimana tidak , mulai dari bisnis di bidang kuliner makanan ringan dengan produk keripik, di bidang Katering yang mencakup semua dari acara besar hingga makan di antar untuk mahasiswa dan para karyawan kantor, di bidang jamu ada bisnis Purwaceng yang sangat terkenal, di bidang café yang saat ini ingin dia kembangkan. Bisnis yang mencakup seluruh anak muda untuk hangout, bercanda, seru seruan bersama teman teman. Café dianggapnya sangat prospek karena berhubungan dengan anak muda, seorang yang masih mencari jati diri, seorang yang tidak mau repot, seorang yang suka berkumpul, entah itu mengerjakan tugas, organisasi, ataupun dengan para kekasihnya.

Sukses sebagai Pengusaha Catering On Delivery kini dia yakin kalau usaha café nya juga akan ikut naik daun. Café berkonsep garden yang asik, dengan berbagai dekorasi yang sangat keren, semua itu dia lakukan untuk media promosi dan menarik pengujung untuk mampir menikmati menu yang ada di café nya. Lokasi sangat strategis yang berada di sekitaran kampus dan rumah kos ataupun kontrakan yang bedara kota di Solo. Solo dia jadikan awalan sebelum nanti akan meluas ke Yogyakarta yang menjadi pusat semua orang seluruh nusantara ada di kota gudeg tersebut. Menjadi kota pelajar membuatnya orang dari sabang sampai merauke ada di kota Yogyakata tersebut. Kota yang indah dan idaman untuk tinggal, liburan, dan menikmati kuliner kulinernya.

Kota belanja di Bringharjo, kota pantai yang berada di Bantul, Kulon progo, dan Gunungkidul, kota budaya, ada keraton, seni pertunjukan dan candi. Lengkap sekali dan nikmat mana yang akan kita dustakan kalauberada di kota Yogyakarta. Banyak sekali mahasiswa dari luar daerah tetap tinggal di sana, dimana padahal gaji tidak terlalu besar, tapi dengan kenyamanannya kota itu membuatnya ogah keluar keluar dari Yogyakarta. Kota yang tidak pernah sepi, ungkap pengusaha katering sukses Chandra Ekajaya. Di yogya kalau mau usaha bisnis yang penting yakin dan tempatnya unik pasti akan ramai, Ucapnya juga dengan senyuman. Banyak anak muda disana, sangat banyak bahkan, kota asik buat hangout juga.

Mengerjakan usaha café yang di Solo agak susah karena tidak pada suka nongkrong, kalau sabtu minggu mahasiswanya pada pulang kampung. Kalaupun rame café nya tersebut di sewa untuk organisasi, ulang tahun, hingga di buat syukuran. Paling banyak adalah orang orang organisasi, disini kami sediakan tempat yang bagus, unik dan nyaman tentunya. Untuk harga yang ada di café juga tidak mahal, di bawah Jogja malah, tegasnya. Pokoknya bagainama caranya café tetep bisa rame, itu saja yang dia minta dia belum memikirkan untungnya, ya apasih uang banyak banyak, yang penting usaha atau bisnis kita yang banyak beroperasi katanya tegas. Pengusaha ini memang lain dari yang lain. Tetap saya masih mengandalkan Katering dan usaha yang lain, café hanya saya sediakan sebagai wadah anak anak muda untuk berekspresi.

Di café kalian bisa berekspresi, memikirkan hal hal positif, bisnis mungkin, akademik mungkin, organisasi kampus, Ukm untuk pentas, bisa saja bukan ? Dia menambahkan. Omzet café nya saat ini dia belum bisa katakan. Yang bisa dia katakan hanya Rp. 10 juta permalam itu yang paling tinggi. Memang café nya masih baru, dan terlihat mewah karena itu mungkin orang orang beranggapan kalau café nya itu mahal untuk harga harga di dalam Menunya.  Untuk itu setiap orang pelanggannya yang mempromokan café nya di jejaring sosial instagram misalnya dia akan memberikan potongan harga. Lumayan diskon nya tersebut hingga 45% bila like nya sampai 100 orang. Itu juga trik yang jarang sekali digunakan para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya.

Memang pengusaha Katering ini adalah pengusaha yang ga ada matinya, seperti band terkenal legendaris Indonesia yaitu Slank. Aneka ragam menu kopi dari berbagi daerah di Indonesia ada di café nya langsung dari petani kopinya yang ada di berbagai daerah, dalam menu kopi ada yang premium ya untuk harga memang sangat mahal tapi kualitas nomer satu, racikan berbahan dasar kopi ada, dan menu menu ala Indonesia dan menu western juga tersedia di café Chandra ekajaya ini. Kalau hujan dari sore dikatakannya café akan sepi, para karyawan juga masih banyak yang di training dedikasi dan kejujuran, tapi dia sangat optimis untuk bisa mendidik dan membuat manusia berubah. “ Saya dan karyawan adalah satu tidak bisa dipisahkan, kalau sampai dipisahkan usaha saya tidak akan maju, stak di situ situ saja” ungkapnya.

Saya selalu ingin berkembang, selalu ingin memperbaiki hidup, selalu ingin menjadi seorang Bos yang baik untuk para karyawannya. Mengingat dulu dia sebagai karyawan yang kurang di perhatikan oleh atasannya, dia tidak ingin melakukan hal yang sama kala nantinya menjadi seorang Bos. Pengusaha Katering sukses ini selalu menjadikan kehidupannya yang dulu sebagai tumpuhan, panduan bagi kehidupannya yang sekarang. Kehidupan yang sangat lebih baik dari sebelum sebelumnya dia rasakan. Visi dan Misi dari Pengusaha Katering Sukses Cahandra Ekajaya harus kita tiru dan kita aplikasikan kala ingin menjadi seorang pengusaha sukses di dunia bisnis.

Dari pengalaman pengalaman buruk saat dia jatuh bangun mempertahankan hidup dikala itu menjadi seorang mahasiswa di kampus Swasta di Kota Yogyakarta, bagaimana dia tidak kenal lelah dalam membantu orang tuanya agar bisa membiayai kuliah, tempat tinggal hingga uang sehari harinya. Pengusaha Katering ini sangat pandai, kala dia ingin memcuci geratis dia menjadi pegawai di sebuah laundry, kala dia ingin makan geratis dia bekerja untuk sebuah warung makan, kalau dia ingin nongkrong geratis dia bekerja di sebuah café. Mungkin dari situlah otak bisnis nya terbentuk. Dengan pandai dia serap ilmu ilmu yang dia dapat dari pengalamannya saat bekerja menjadi seorang karyawan.

Pengusaha yang lagi hits saat ini Chandra Ekajaya, berbisnis di dunia kuliner membuatnya semakin terkenal dan menjadi seorang motivator. Pengusaha sukses ini selalu berpegang teguh pada kata kata para pengusaha sukses sebelumnya. Mimpinya di masa remaja yang sekarang menjadi kenyataan, dengan kerja keras dan keuletannya. Senjadi salah satu pengusaha katering besar di Indonesia dengan brand nya “Catering On Delivery”  membuat kehidupannya berubah menjadi 100 persen dari dia yang dulu. Anak dari kampung, pegawai lundry, pegawai rumah makan, pegawai café pegawai foto kopi, tukang cari rumput untuk pakan ternak pernah dia lalui semasa kecil hingga masa remajanya.

Kesuksesan memang tidak datang dengan tiba tiba, kita harus berusaha mengejar, jangan takut terjatuh. Jangan takut rugi, jangan takut bangkrut karena itu yangmembuat kita semakin kuat dan semakin dekat dengan kesuksesan. Pengusaha Sukses Chandra Ekajaya.

Chandra Ekajaya Pengusaha Keripik Kentang

Keripik kentang merupakan salah satu cemilan yang sangat di gemari oleh masyrakat Indonesia. produk cemilan ini sangat enak dan nikmat dinikmati sambil bersantai. Namun bukan untuk Chandra Ekajaya, bukan sebagai cemilan saja, dirinya meamnfaatkan potenis untuk dijadikan sebagai lahan bisnis dan meraup keuntungan.

Chandra Ekajaya Pengusaha

Memulai bisnis dengan modal hanya Rp 500 ribu, kini bisnis keripik kentang yang dirinya tekuni ini berhasil menghasilkan penghasilan hingga Rp 2 juta perhari. Bisnis nya ini bermula ketika melihat banyak di daerahnya yang merupakan salah satu penghasil kentang di Jawa Tengah banyak kentang yang hanya dijual mentah. Kemudian dirinya mencoba untuk mengolah kentang menjadi sebuah cemilan, dan akhirnya munculah ide membuat keripik kentang tersebut.

Keripik kentang yang dibuat oleh Chandra Ekajaya ini tergolong unik dan beda daripada yang lain, produk olahanya bukan hanya menyediakan rasa original tetapi dengan berbagai variasi rasa pilihan barbeque, balado, sapi panggang, keju manis, keju asin dan original. Bahkan dari aneka rasa itu ada levelnya.

Di dalam industry rumahan ini, dirinya memperkerjakan tetangga dan masyarakat sekitar untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini dirinya sudah memiliki 20 karyawan, untuk setiap harinya saja, produk olahanya ini bisa menghabiskan hampir 50 Kg kentang.

 

Untuk pemilihan kentang, dirinya tidak mau sembarangan dalam pemilihan bahan baku. Kentang dipilih dan dipasok dari petani kentang yang memang sudah menjadi langganan dan pastinya sebelum di kirim sudah dilakukan pengecekan, dan yang terpenting adalah ketika proses pembuatan tidak menggunakan bahan pengawet. Pemilihan bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan produk keripik berkualitas.

Untuk pemasaran keripik kentang olahanya, cara memasarkan produknya dengan menitipkan dan bekerjasama dengan toko oleh-oleh di daerahnya dan daerah lain. Untuk pemasaran lainya menggunakan media online berupa media sosial mulai dari instagram, facebook dan twitter.

Usaha keripik kentang milik pengusaha sukses ini masih terbilang sederhana dan masuk dalam kategori home industri. Produksinya diolah di rumah dan oleh para pekerja dari sekitar rumahnya namun dari rasa dan kerenyahannya tidak kalah dengan olahan pabrik.

Masakan Ca Kangkung Belacan Chandra Ekajaya

Tutorial cara memasak pastinya sangat dibutuhkan untuk sebaian orang yang ingin sekali belajar memasak. oleh Karena itu kami situs resep masakan Chandra Ekajaya ingin membantu anda untuk membuat sebuah masakan banyak variasi dan kreatifitas sehingga dapat menghasilkam sebuah masakan enak dan lezat yang siap untuk disajikan spesial. Hari ini kita ada masakan Ca Kangkung Belacan, anda bisa coba untuk memasaknya dirumah.

Ca-Kangkung-Belacan
Chandra Ekajaya

 

Ca Kangkung Belacan adalah salah satu masakan yang dibuat untuk menambah selera makan keluarga anda karena dengan kreasi masakan ini sehingga keluarga menjadi berselera untuk makan. Ca Kangkung Belacan Chandra Ekajaya juga merupakan salah satu masakan yang memiliki bahan dasar sayur kangkung. Berikut ini cara memasaknya.

Membuat Resep Risoles Enak dan Kulitnya Chandra Ekajaya

Buat teman teman yang memang hobi ngemil, pasti tidak asing lagi dengan jajanan kue basah ini yang berbentuk lonjong dan warnanya coklat muda yang biasanya disebut kue Risoles atau disebut juga Rissole. Tapi teman teman tahu gak, ternyata ada beberapa macam jenis kue ini lho, seperti resep risoles ragout yang biasanya berisi daging ayam atau daging sapi dan risoles sayuran. Ya, sepintas memang orang beranggapan bahwa cara membuat risoles sama dengan lumpia, tetapi sebenarnya beda lho. Mungkin keduanya sama sama membutuhkan kulit risoles, tetapi sebenernya cara membuat risoles Chandra Ekajaya Jakarta beda dengan resep lumpia Semarang.

Yohanes Chandra Ekajaya
Yohanes Chandra Ekajaya

Sebenarnya sih terserah kita juga sih kue risoles nya mau diisi apa saja. Bahkan beberapa teman membuat kue risoles dengan isi mayonnaise, daging asap atau bahkan seafood. Tetapi yang pasti, yang menjadi salah satu ciri khas Resep risoles, baik ragout ataupun sayuran adalah potongan wortel sebagai isi dari kulit risoles nya. Buat yang suka dengan daging ayam atau daging sapi dan tidal alergi dengan susu, Resep Risoles Chandra Ekajaya Ragout mungkin lebih cocok. Tetapi buat teman teman yang kebetulan lagi diet daging atau teman teman vegetarian, resep risoles sayur mungkin pilihan yang lebih pas.

Teman teman mungkin beranggapan bahwa untuk membuat Resep Cemilan Chandra Ekajaya ini paling cepat dan praktis adalah dengan cara membeli kulit lumpia atau kulit risoles yang banyak di jual di pasar pasar dekat rumah. Sebenarnya tidak salah sih buat teman teman yang tidak punya banyak waktu luang tetapi tetap ingin membuat jajanan buat keluarga. Tetapi kalau saya pribadi sih lebih menyarankan untuk membuat sendiri kulitnya. Selain lebih higenis, bahan bahan yang digunakan pun dijamin lebih sehat dan tidak mengandung bahan bahan yang berbahaya buat kesehatan tubuh kita. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat Resep Risoles enak dibawah beserta cara membuat kulit risoles nya.

Resep Nastar Keju Nanas Chandra Ekajaya Yang Lembut Enak Sederhana

Kue Nastar keju nanas Chandra Ekajaya adalah salah satu jenis kue kering dengan bentuk imut yang biasanya berisi selai nanas dengan rasa yang enak dan lezat. Kue kering dengan bentuk bulat ini biasanya menjadi hidangan cemilan yang wajib saat hari raya Lebaran. Tetapi sebenarnya resep kue nastar nanas Chandra Ekajaya ini juga enak dan nikmat untuk dijadikan cemilan sehari-hari. Rasanya yang gurih dengan perpaduan manis dan asamnya selai nanas pasti membuat ketaguhan setiap orang yang memakannya. Untuk membuat kue nastar sebenarnya tidak terlalu sulit kok. Asal bahan yang digunakan untuk membuat resep nastar nya pas ukurannya, dijamin hasil jadinya lembut dan tidak mudah pecah saat dipegang. Selain itu langkah-langkah cara membuat nastar nya juga harus pas supaya adonannya nanti tidak bantat dan bisa matang sempurna.

resep-nastar
Yohanes Chandra Ekajaya

Resep Nastar memang salah satu resep kue kering lebaran yang paling banyak disukai oleh keluarga Indonesia. Hampir bisa dipastikan kalau kue kering satu ini pasti ada di meja tamu atau toples saat lebaran tiba. Bahkan mungkin kalau tidak ada kue nastar keju Chandra Ekajaya ini pasti ada yang menanyakannya. Nah untuk itu kebanyakan dari kita pasti ingin menyajikan nastar yang lembut dan renyah bukan. Tetapi masalahnya cara membuat kue nastar ini sendiri bisa dibilang sedikit sulit. Bahan-bahan untuk membuat resep kue nastar sih sebenarnya cukup sederhana. Tidak beda jauhlah dengan bahan untuk membuat kue kering lebaran yang lainnya. Tetapi banyak diantara kita yang gagal dan hasil jadinya tidak lembut dan bahkan keras. Malah mungkin pecah saat dipanggang di oven atau terlalu gosong sehingga tidak cantik warnanya.

Resep Kue Pastel Isi Rogout Goreng Ekonomis Renyah Kulitnya Chandra Ekajaya

Kue pastel mungkin merupakan salah satu resep kue jadul Chandra Ekajaya yang sampai saat ini masih banyak disukai oleh semua kalangan usia. Sejak jaman saya kecil sampai saat ini, kita bisa dengan mudah membelinya di penjual kue. Bahkan banyak juga penjual kue keliling yang juga menyediakan jajanan satu ini. Memang resep kue pastel ini sendiri termasuk mudah cara membuatnya. Tidak butuh waktu yang lama, resep pastel bisa kita bikin sendiri di rumah dengan mudah. Selain isi sayur, rogout ayam, kentang, bihun dan lainnya, yang penting untuk membuat kue pastel yang renyah dan enak adalah resep kulit pastelnya. Nah kali ini kita akan belajar membuat kue pastel isi rogut goreng lengkap dengan cara membuat kulit pastel nya sendiri.

Resep Kue pastel memang yang akan Chandra Ekajaya buat ini bisa dikombinasikan dengan banyak isian pastelnya. Tetapi yang paling terkenal dan banyak disukai oleh kebanyak masyarakat Indonesia adalah yang isi rogout ayam dengan sayuran lengkap. Kadangkala ada juga yang menambakan dengan potongan telur ayam rebus dan bahan lainnya. Tetapi dengan isi kue pastel lainnya sebenarnya pun juga tidak kalah enak dan lezatnya. Teman-teman bisa mengisinya dengan bihun, irisan sosis, saus vla, irisan daging panggang ataupun lainnya. Yang paling penting dalam membuat atau memasak kue pastel ini adalah resep kulit pastelnya. Walaupun bahan isiannya sudah enak dan lengkap, tetapi kalau kulit luarnya tidak renyah juga akan mempengaruhi keseluruhan rasanya.

Kue pastel adalah kue cemilan favorit segala usia mulai dari anak-anak hingga dewasa sepanjang masa. Nah untuk membuat kue ini enak dan lezat, kuncinya adalah resep kulit pastel renyah yang tahan lama. Apalagi untuk pastel goreng, kulitnya bisa dibilang adalah hal utama selain isisannya. Bagaimanapun enaknya rogout ayam dan sayurannya, tetapi kalau kulitnya melempem dan tidak ranyah. Pasti rasa resep kue pastel isi rogout nya Chandra Ekajaya

yce
Yohanes Chandra Ekajaya

juga berkurang kelezatannya. Nah ini yang biasanya menjadi masalah dan kendala buat sebagian besar orang. Mereka rata-rata masih sedikit bingung bagaimana sih kuncinya untuk membuat resep kue pastel goreng isi rogout ini enak dan renyah kulit luarnya.

Chandra Ekajaya Kritik Lirik Lagu Ganteng-Ganteng SWAG Young Lex

Kritik Young Lex (Dok. Chandra Ekajaya)

Chandra Ekajaya dikenal sebagai seorang kritikus musik yang kerap menulis berbagai macam review musiknya di blog pribadinya. Di tengah kondisi musik Indonesia yang sedang menurun, terutama hadirnya para musisi yang menghamba pada pasar membuat seorang lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut risih dan mengkritik habis-habisan industri musik di tanah air.

Nah baru-baru ini seorang rapper yang jadi bahan bully para netizen yaitu Young Lex menawarkan kepada para pendengarnya sebuah lagu rap berjudul GGS (Ganteng Ganteng SWAG). Dengan lirik yang panjang dan teknik vocal rap yang monoton membuat Chandra Ekajaya angkat bicara mengenai hal tersebut.

“Gue liat lagu ini kayak jamban!” ujar Chandra Ekajaya

Ketika ditanya, ungkapan kasar dari Chandra Ekajaya tersebut muncul karena lagu tersebut lebih baik jangan diperdengarkan kepada para generasi muda karena sangat tidak mendidik. Hujatan, gaya hidup tinggi, membuat rapper muda tersebut harus menerima kritikan keras. Meski sebenarnya kaya akan kritik, namun dasar atau fondasi lirik yang dibangun oleh Young Lex sangat kekanak-kanakan dan sama sekali tidak dewasa seperti halnya musisi lainnya.

(Dok. Chandra Ekajaya)

“Jika para pendengar aja suka dengan lagu itu, berarti ada yang salah dengan telinga para pendengarnya. Industri rekaman memang membuat segalanya harus didasari dengan uang dan keuntungan. Ahasil, mari kita dengarkan musik gamelan saja daripada dengerin lagu kayak gitu.” Ujar Chandra Ekajaya kepada awak media.

We are ganteng ganteng swag Skinny24,younglex

Berawal youtuber cause Now we do it better rite!!

Fuck the hatters I still shinning bright!

Kita bukan serigala Tapi boleh dicoba (2x)

Verse Kemal : Ahmad kemal palevi (yoi)

gua ahmad kemal palevi Cita cita jadi haji (boom)

Cowok ganteng banyak sedikit prestasi

Mending gua mandiri dari stand up comedy

Anak pejabat negara sukanya bikin huru hara

Ganteng tapi apa guna jika masuk neraka

Sholat tak pernah dilakukan, mengaji selalu dilupakan

 Ganteng ganteng percuma kalo gak punya iman(boom 

Baca aja lirik lagunya, “lu nyanyiin di kamar mandi pasti bikin gak konsentrasi mandi deh.” Ungkap Chandra Ekajaya ketika ditemui di rumahnya yang berada di kawasan hutan lindung, Cikotok.

Penulis: Chandra Ekajaya Brata

Editor : Chandra Ekajaya Sukun

Studio Foto Chandra Ekajaya

Di era digital saat ini, dimana penduduk Indonesia merupakan masyarakat yang sangat hobi narsis. Studio foto justru mendapatkan peluang dan kesempatan yang besar untuk menumbuh kembangkan bisnisnya. Chandra Ekajaya mengatakan bahwa bisnis studio foto di Indonesia semakin prospektif. Karena foto, narsis, selfie, dan wefie tumbuh di kalangan anak muda, maka bisa dipastikan bisnis tersebut akan laku.

Chandra Ekajaya menambahkan bahwa bisnis yang prospektif pasti nantinya akan banyak saingan. Oleh karena itu sejak awal calon pebisnis yang ingin terjun di bisnis studio foto harus mempunyai konsep yang berbeda serta unggul bila dibandingkan dengan studio foto pada umumnya.

 

Misalnya saja konsep ruangan. Bila pada studio foto zaman dahulu selalu menyajikan ruangan dengan latar belakang kain satu warna yang monoton, kemudian ada background yang menyediakan berbagai macam latar atau tempat lengkap dengan berbagai hiasannya, kini menurut Chandra Ekajaya, konsep seni yang kontemporerlah yang dipakai oleh para pemilik studio foto.

 

Dengan konsep artsy dan kontemporer, studio foto milik Chandra Ekajaya ramai dikunjungi oleh masyarakat, terutama anak-anak muda. Banyak dari mereka yang ingin mengabadikan momen bersama teman dan sahabat. Karena itu pemilik studio foto Yohchan ini menawarkan set tempat yang sangat menarik. Jadi yang dijual menurutnya adalah konsep dan latar belakang yang menarik.

 

Chandra Ekajaya mengatakan bahwa banyak dari konsumen dan pelanggannya merupakan calon pengantin. Mereka biasanya ingin melakukan foto dengan konsep pre wedding. Mereka lebih memilih studi foto Yohchan karena studio ini menawarkan berbagai macam set unik dan istimewa yang riil. Bukan hanya gambar atau edit digital, tetapi benar-benar menghadirkan set secara nyata.

 

Selain itu para konsumen dan pelanggan dari Chandra Ekajaya kebanyakan melakukan foto kelas dan wisuda. Banyak juga make up artist yang menggunakan jasa studio foto Yorchand untuk memotret model yang akan digunakan sebagai portofolio bagis mua. Sehingga jika berbicara pasar dan potensi, bisnis studio foto adalah bisnis yang mempunyai potensi sangat besar.

Yohanes Chandra Terbangkan Keripik dan Sambal Ke Pasar Mancanegara

Yohanes Chandra seorang pengusaha dan pebisnis sukses Indonesia menjadikan produk ekspor keripik dan sambal sebagai komoditi dagang mancanegara yang memiliki potensi pasar sangat luar biasa. Setiap bulanya Yohanes Chandra mampu mengekspor hingga 3-5 kontainer sambal dan keripik ke berbagai Negara di Asia hingga kawasan Timur Tengah.

Keberhasilan yang diraih oleh seorang Yohanes Chandra tentu tidak diraih secara instant dan tiba-tiba. Laki-laki asal jawa timur ini bekerja keras untuk mendapatkan kesuksesan tersebut.

Jalannya terbilang tak mudah. Dia sempat melakukan uji coba membuat kripik  selama empat bulan hingga menelan biaya hampir Rp 50 juta lebih. Setelah didapat racikan dan formula cara menggoreng dan mengemas yang tepat, keripik buatan Yohanes Chandra mulai dipasarkan dan sukses menyedot perhatian konsumen. Sebagian besar dijual melalui pasar tradisional, hingga sekarang Chandra. mengklaim, hampir 90% keripik pisang di toko cenderamata Bali adalah produksi pabriknya di Sidoarjo. “Oleh toko di Bali keripik pisang saya dikemas ulang menjadi oleh-oleh khas Bali,” tuturnya seraya menyebutkan, produksinya mencapai 4-5 ton per hari.

 

Berbagai macam keripik produksinya antara lain keripik tanduk, Chandra juga memproduksi keripik pisang kepok, keripik ubi ungu, keripik ubi kuning, keripik singkong serta kerupuk.

 

Yohanes Chandra, yang memang hobi mencicipi masakan dna berkuliner, berupaya memperluas bisnisnya. Chandra mulai meracik aneka sambal seperti sambal belimbing wuluh, sambal bajak, sambal kemangi, sambal belut, sambal petis dan sambal peda. Total 32 jenis sambal khas Nusantara yang diraciknya. Harganya dibanderol Rp 27.500-30.000 per botol dengan produksi hampir 3 ribu botol per hari. Ia kembali sukses mengekspor sambalnya ke Kor-Sel, Hong Kong, Arab Saudi dan Bahrain. Sama seperti keripik pisangnya, sekitar 80% produksi sambalnya dikirim ke luar negeri.

 

Buah dari ketekunan Yohanes Chandra terlihat dari keberhasilannya meraih kontrak ekspor sambal dan keripik hingga 5 kontainer ke beberapa wilayah asia seperti Hong Kong. Inilah buah kerja keras selama ini yang diraih oleh seorang Yohanes Chandra, yang sekarang masuk deretan pengusaha dan pebisnis muda sukses di Indonesia.

Yohanes Chandra Ekajaya BUDIDAYA IKAN DAN TANAMAN DI RUMAH

Hampir semua orang  pasti sudah pernah mendengar mengenai hidroponik, budidaya tanaman sayur yang ringkas dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Tapi apakah Anda pernah mendengar mengenai aquaponik?. Simak ulasan kami yang bersumber dari Yohanes Chandra Ekajaya seorang ahli botani di indonesia, yuk!

Pada dasarnya, aquaponik merupakan kombinasi antara hidroponik dengan budidaya hewan dengan air atau aquakultur. Hewan yang dimaksud dalam budidaya ini tak lain dan tak bukan adalah ikan. Dengan teknik ini, Anda dimungkinkan untuk memelihara atau mengembangkan tanaman serta ikan secara bersamaan, dalam satu tempat serta satu waktu.

yohanes-chandra-ekajaya-budidaya-ikan-dan-tanaman-di-rumah

Seperti yang Anda ketahui, melakukan hidroponik memang praktis dilakukan di rumah. Namun, harga dari vitamin atau nutrisi yang dibutuhkan mahal harganya. Begitu pula jika Anda melakukan aquakultur. Selain harus memberi pakan sehat, Anda juga harus membersihkan kolam secara berkala agar ikan dapat tumbuh dengan baik kata Yohanes Chandra Ekajaya. Nah, dalam proses hidroponik ini terjadi simbiosis mutualisme, di mana tanaman mendapatkan sumber makanan dari limbah kotoran ikan sementara ikan mendapat air sebagai tempat hidup dari air setelah dimurnikan oleh tanaman. Jadi Anda tak perlu repot-repot membeli pakan dan nutrisi untuk keduanya serta mengeluarkan uang yang banyak.

yohanes-chandra-ekajaya-hidroponik

Jika dijabarkan siklusnya, dalam proses aquakultur, ada sisa pakan yang dihasilkan ikan dalam bentuk feses yang terakumulasi di dalam air. Yohanes Chandra Ekajaya sendiri mengatakan bahwa feses dengan kandungan nitrat dan amonia ini bersifat toksin atau beracun bagi ikan, namun sebenarnya kaya nutrisi jika dijadikan sumber hara bagi tanaman. Pada saat nitrat telah terserap oleh tanaman sebagai bahan makanan, di waktu yang sama tanaman menyuling air dari bahan berbahaya yang kemudian kembali ke kolam ikan.

yohanes-chandra-ekajaya-tanaman

Urbanites, seperti halnya hidroponik, aquaponik juga bisa dilakukan di rumah. Untuk membuat budidaya dengan sistem ini, yang Anda butuhkan adalah beberapa komponen sebagai berikut :

Kolam atau Tangki pemeliharaan ikan.

Unit penangkap dan pemisahan limbah padat (sisa pakan dan feses).

Bio filter, sebagai media tumbuh bakteri nitrifikasi dan mengonversi amonia menjadi nitrat, yang dapat digunakan oleh tanaman.

Subsistem hidroponik, yakni bagian dari sistem di mana tanaman tumbuh dengan menyerap kelebihan hara dari air.

Sump, titik terendah dalam sistem. Tempat air mengalir ke dan dari, yang dipompa kembali ke tangki pemeliharaan.

Ketiga media sistem aquaponik ini rata-rata dapat bertahan selama 10 tahun pemakaian dan menghabiskan sekitar Rp5-10 juta untuk biaya pembuatannya.Dengan menggunakan model tersebut, Anda dapat membudidayakan sekitar 500-4000 ekor ikan dan 20-200 lubang tanaman. Tentunya Anda juga bisa membuat aquaponik versi lebih kecil dengan biaya pembuatan yang lebih murah.

Untuk sayuran yang dapat Anda tanam adalah okra, tomat, paprika selada, kemangi, buncis, kold, kacang polong, talas, bawang, ubi jalar, stroberi, hingga rempah-rempah bumbu dapur. Sementara itu ikan-ikan yang dapat Anda pelihara adalah jenis air tawar seperti ikan mas, nila, lele, patin, belut, hingga lobster air tawar.

Bagaimana, Urbanites? Tertarik membuat aquaponik di rumah? Selain bisa dinikmati untuk konsumsi sehari-hari, peluang ini juga bisa mendatangkan keuntungan bagi Anda, bukan?. Luamyanlah selain mendapat penghasilan dari tanaman sayur juga mendapat tambahan dari ikan yang ada di dalam kolam sehingga akan memberi tambahan penghasilan yang lumayan